Dorong Pertumbuhan UMKM, Ahmad Ali Sebut Pemerintah Daerah Harus Siapkan Modal dan Pasar

Dorong Pertumbuhan UMKM, Ahmad Ali: Pemerintah Harus Siapkan Modal dan Pasar
Ahmad Ali saat mengunjungi pasar Inpres Manonda. (AMC)

PALU, KABAR SULTENG – Ahmad Ali menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjaga stabilitas ekonomi daerah.

Ahmad Ali menjelaskan, UMKM bukan hanya menopang ekonomi daerah, tetapi juga berperan besar dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus menjadikan sektor UMKM sebagai salah satu program utama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

Bacaan Lainnya

“UMKM adalah sektor krusial dalam menjaga dan menopang ekonomi daerah,” ungkap Ahmad Ali pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Baca juga: Ahmad Ali Tantang Cipayung Plus Gelar Diskusi Terbuka Adu Gagasan, Dorong Aktivis Mahasiswa Rawat Demokrasi

Menurutnya, UMKM memiliki potensi besar untuk meratakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga sektor ini seharusnya menjadi prioritas utama pemerintah.

Meskipun dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah selalu masuk kategori tertinggi secara nasional dengan angka dua digit, angka kemiskinan belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh dominasi industri padat modal seperti pertambangan, yang dampaknya terhadap pemerataan ekonomi masyarakat masih terbatas.

Ahmad Ali mendorong pemerintah untuk lebih fokus pada peningkatan sektor UMKM sebagai langkah nyata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Tambang itu urusan pemerintah pusat. Yang harus kita kembangkan adalah UMKM. Pemerintah harus siapkan modal dan pasar agar UMKM bisa berkembang dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” tegasnya.

UMKM, lanjut Ahmad Ali, merupakan bagian dari perekonomian yang mandiri dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sektor ini juga diyakini dapat mengurangi angka kemiskinan secara signifikan.

“UMKM bisa menjadi sumber lapangan kerja baru. Oleh karena itu, kita harus mendukung pertumbuhannya,” tutup Ahmad Ali.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait