Gempita Merdeka Indonesia Fair 2024 Semarakkan HUT ke-79 RI di Beijing

Gempita Merdeka Indonesia Fair 2024 Semarakkan HUT ke-79 RI di Beijing
Kemeriahan, kegiatan Gempita Merdeka, Indonesia Fair 2024, semarakkan Perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Beijing.(Ist)

BEIJING – Pada 17 Agustus 2024, KBRI Beijing bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Bank Indonesia Kantor Perwakilan Beijing, Komite Tiongkok (KIKT), Adaro, Indonesia Chamber of Commerce in China (INACHAM), dan Kuaishou menyelenggarakan acara “Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024” di halaman KBRI Beijing.

Acara Gempita Merdeka ini menjadi perayaan besar Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan merupakan pameran produk serta budaya Indonesia terbesar di Tiongkok.

Antusiasme masyarakat untuk menghadiri acara Gempita Merdeka sangat tinggi. Registrasi peserta bahkan sudah penuh dua hari sebelum pelaksanaan. Sekitar 6000 pengunjung dari berbagai kalangan seperti duta besar negara asing, pengusaha RRT, media setempat, serta masyarakat lokal dan warga negara Indonesia memadati acara ini yang berlangsung selama sehari penuh.

Dubes RI Beijing, Djauhari Oratmangun, saat membuka acara, menegaskan bahwa Indonesia, dengan 17.000 pulau, menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan. Ia juga menyinggung rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara, yang terletak di Kalimantan, sebagai simbol kemajuan Indonesia menuju visi Indonesia Maju 2045.

Setelah upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, para pengunjung menikmati hiburan, berbelanja produk ekspor Indonesia seperti sarang burung Yan Ty Ty, Indomie, Kapal Api, Mayora, hingga Tempe Rusto. Mereka juga menikmati berbagai makanan khas Indonesia seperti Nasi Kapau, Soto Betawi, Sate Padang, hingga Es Cendol yang dijual di warung-warung.

Indonesia Fair 2024 juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan budaya. Bintang tamu dari Indonesia seperti Dharma Oratmangun, Elvi Zubay, Ongen, dan Indra Lubis turut hadir, ditambah tarian tradisional yang dibawakan oleh Sanggar Tari Yingde, yang anggotanya adalah WN RRT fasih berbahasa Indonesia. Para pengunjung juga disuguhkan penampilan kesenian dari Provinsi Papua Barat Daya, serta mahasiswa Papua yang kuliah di Jining Polytechnic, Provinsi Shandong.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait