RSUD Undata Didorong Benahi Layanan dan Sediakan Rumah Singgah untuk Keluarga Pasien Rujukan

RSUD Undata Didorong Benahi Layanan dan Sediakan Rumah Singgah untuk Keluarga Pasien Rujukan
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri, usai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Undata Palu pada Kamis (29/8/2024). (KabarSulteng.id)

PALU, KABAR SULTENG – Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri, mendorong pembenahan pelayanan serta sarana dan prasarana di RSUD Undata.

Hal ini diungkapkan pasangan dengan tagline BERAMAL (Bersama Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri) usai melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Undata, Kamis (29/8/2024), sebagai salah satu persyaratan pencalonan di Pilgub Sulteng 2024.

Bacaan Lainnya

Ahmad Ali menyatakan bahwa pelayanan medis di Undata sudah baik, namun masih perlu melakukan pembenahan pelayananan lebih lanjut.

“Kami bersyukur datang lebih awal untuk pemeriksaan kesehatan, sehingga kami memiliki kesempatan untuk berdialog dengan tenaga medis dan mendapatkan masukan,” kata Ahmad Ali.

Baca juga: Usai Daftar di KPU Sulteng, Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri Langsung Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Undata

Ia menambahkan, meskipun RSUD Undata menjadi rumah sakit kebanggaan Sulawesi Tengah, masih banyak aspek yang perlu diperbaiki.

“Pembenahan ini menjadi hal yang sangat penting,” tegasnya.

Menurut Ahmad Ali, peralatan medis di Rumah Sakit Undata perlu diperbarui karena banyak yang sudah tidak memadai. Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya rumah singgah bagi keluarga pasien rujukan.

“RSUD Undata adalah rujukan utama di Sulawesi Tengah, dan pasien yang datang dari daerah itu didampingi keluarganya. Pemerintah daerah harus menyediakan rumah singgah bagi keluarga pasien, sehingga mereka tidak terlantar di Kota Palu,” ujarnya.

Ahmad Ali juga berharap RS Undata dapat meningkatkan statusnya dari Tipe B Non Pendidikan naik ke level berikutnya.

Senada dengan Ahmad Ali, Abdul Karim Aljufri menambahkan bahwa selain peningkatan fasilitas, pelayanan tenaga medis juga perlu ditingkatkan.

“Kita perlu meningkatkan status dan perbaikan rumah sakit kebanggaan kita ini,” ungkap Abdul Karim Aljufri.

Ia juga menekankan pentingnya membangun rumah sakit tipe Pratama di daerah yang jauh dari ibu kota, agar pasien tidak perlu dirujuk jauh hingga ke Kota Palu.

“Jika semua pasien dirujuk ke sini, berapapun tipe rumah sakitnya, pasti akan kewalahan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Undata, dr. Herry Mulyadi, sangat mengapresiasi masukan dari Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri.

“Masukan dan saran untuk peningkatan pelayanan sangat penting untuk kami,” pungkas dr. Herry.***

Simak update berita menarik lainnya, ikuti saluran WhatsApp Official KabarSulteng.id https://whatsapp.com/channel/0029VaFS4HhH5JM6ToN3GU1u atau klik di sini

Pos terkait